CARA MENGATASI KEKURANGAN IDE DALAM MENULIS ARTIKEL

Posted: Februari 17, 2011 in INformation
Tag:, , , , , , , , ,

GAMBAR 1: BINGUNG

GAMBAR 2: IDEA

Kebuntuan ide, hal ini pasti pernah dirasakan oleh blogger (termasuk KURNIANZA GETOCHT) ketika ingin membuat postingan/artikel blog. Terkadang kita tidak tahu apa yang harus ditulis jika NGGAK ADA IDE YANG MUNCUL GITUCHT sehingga akhirnya membuat kita menjadi malas dan tidak jadi menulis artikel baru diblog. Memang menulis artikel di blog merupakan tantangan besar yang harus dihadapi setiap blogger, karena menulis artikel merupakan proses jangka panjang dan harus dilakukan secara rutin jika ingin blog kita tetap update dan “hidup”. Tidak sedikit blog teman yang hiatus ketika Andy berkunjung dan melakukan blog commenting/berkomentar.

 

HAL ini dikarenakan kurang fokusnya kita dalam membuat artikel ,kurang ada narasumber ataupun inspirasi yang muncul,banyak fikiran,kebanyakan maen fb ,kebanyakan nonton Video Porno,dan kurangnya browsing di Internet menyangkut dengan keaktifan dalam mengelola Blog.

 

Cara mengatasinya sebagai berikut ,btw tidak terlalu sulit kog  dlam mengatasi masalah tersebut ,sebenarnya kuncinya hanya terus berlatih dalam mengelola blog, okey berikut cara yang lebih rinci akan Kurnianza jelaskan buat kalian semua.

 

  1. Membaca Komentar Artikel dalam Blog

    Blog merupakan sarana yang sangat tepat untuk interaksi dan komunikasi satu sama lain. Hal ini dapat dilihat dari komentar yang ada dalam setiap artikel jika pengunjung membaca artikel yang disajikan dan menemukan hal yang menarik/bermanfaat dalam artikel tersebut. Sehingga pengunjung akan memberi respon baik berupa ketertarikannya, saran dan pertanyaan untuk mengetahui lebih detail.

    Komentar tersebut bisa menjadi inspirasi yang sangat baik bagi blogger ketika tidak bisa menemukan ide untuk menulis artikel. Cara ini sangat mudah dan cepat karena kita tidak perlu mencari sumber inspirasi/ide dengan menjelajah internet tetapi sebenarnya sumber ide itu sudah ada dalam blog kita sendiri. Terutama jika komentar tersebut berupa pertanyaan, tentunya akan lebih memudahkan blogger untuk menulis artikel berikutnya, karena bidangnya sendiri sudah sesuai target, yaitu sama dengan artikel sebelumnya. Selain itu kelebihan dari komentar yang bersifat pertanyaan ini dapat meningkatkan interaksi dan trafik pengunjung yang berulang-ulang/repeated traffic pada blog, kita sebagai pemilik blog bisa memilih dua jalur ketika merespons pertanyaan dari blogger lain.

    Yang pertama dengan menjawab pertanyaan tersebut dalam komentar dan yang kedua dengan menjawab pertanyaan tersebut dengan menulisnya di artikel baru. Cara ini akan memberi efek yang sangat baik terutama pada blogger yang memberi pertanyaan tersebut, karena kita telah merespons pertanyaannya dengan baik dan lengkap bahkan sampai menjadi inspirator ide untuk membuat artikel baru dalam blog, jadi efek positifnya berjalan dua arah, kita sebagai pemilik blog dapat menemukan ide artikel dengan mudah, sedangkan pembaca/blogger lain yang berkomentar merasa dihargai dan penting dimata kita.

    Tetapi bagaimana jika artikel blog kita tidak ada komentar? atau hanya sedikit pengunjung yang merespons. Jika hal ini terjadi, maka kita bisa mengunjungi blog panutan kita (pro blogger) dalam satu niche/bidang yang tentunya memiliki pembaca dan pengunjung yang banyak. Dari situ kita bisa membaca respon pengunjung dari komentar yang diberikan, baik saran atau pertanyaan.

    Ada dua manfaat yang bisa kita dapatkan dari cara ini, pertama tentu mendapatkan ide yang sesuai tema blog sedangkan yang kedua ini yang sangat penting yaitu dengan menulis artikel berdasarkan komentar pada artikel pro blogger tersebut, kita bisa menarik beberapa pengunjung dari pro blogger ke dalam blog. Karena blog kita mempunyai jawaban atas pertanyaan mereka yang mungkin belum sempat dijawab oleh pro blogger karena banyaknya komentar yang masuk. Jadi setelah membuat artikel tersebut lakukan promosi dengan memberi komentar dalam artikel pro blogger yang mengarahkan pengunjung pada blog kita, komentarnya tentu yang bermanfaat dan berbobot sehingga mereka bisa tertarik untuk mengunjungi blog teman-teman.

  2. Mengikuti komunitas blog di daerah masing-masing

Dengan kalian semua mengikuti komunitas blog ,anda bisa mendapat inspirasi yang baik dalam menulis blog,tidak hanya itu anda juga dapat teman yang banyak,dan blog anda akan sering dikunjungi dengan cara memberi koment terhadap sesama bloger komunitas atau bloger biasa.so…mudah khand.

 

  1. Mencantumkan keyword

    Kata “keyword” sudah tidak asing lagi bagi blogger. Untuk itu keyword ini bisa menjadi ide atau inspirator yang sangat tepat dan cepat untuk membuat artikel. Teman-teman hanya perlu mengingat dan melihat kembali tema utama blognya masing-maing, kemudian tentukan beberapa keyword yang paling banyak menghasilkan pengunjung bagi blog dengan melihat statistik tracker atau google analytics. Dari situlah kita bisa mencari inspirasi atau ide untuk membuat postingan. Tetap gunakan keyword tracker seperti Google keyword suggestion tool dan lakukan research sebentar dari keyword yang sudah kita kumpulkan sebelumnya, kemudian cari beberapa keyword penunjang atau alternatif keyword dari hasil google keyword suggestion tool. Jika hasilnya ada yang cocok dan menarik bagi teman-teman, maka keyword tersebut bisa digunakan untuk ide pembuatan artikel baru.

    Setelah melakukan salah satu atau ketiga cara/metode diatas, langkah penting berikutnya adalah langsung menuangkannya dengan menulis artikel. Jadi setelah selesai melakukan research/pencarian ide kita harus segera mungkin untuk menuangkan ide yang sudah di dapat dalam penulisan artikel. Kenapa? Karena pencarian ide yang sudah kita dapatkan masih “segar” dan otak kita masih terinspirasi akan ide tersebut sehingga probabilitas membuat artikel yang baik dan berkualitas sangat tinggi. Hindari sifat mengulur waktu atau menunda pekerjaan seperti membuat artikelnya dikemudian hari, karena jika begini ide yang sudah kita dapatkan pada hari sebelumnya tidak lagi “fresh” dan probabilitas membuat artikel yang baik sudah menurun sehingga kita sudah tidak fokus lagi untuk menulis artikel.SELAMAT BERKARYA FRENDZ…. (BY KURNIANZA)

 

 

Komentar
  1. Jidat mengatakan:

    Meningkatkan ide belajar😀

  2. elvigto mengatakan:

    Tips yang mantabs, terima kasih🙂

  3. Realodix mengatakan:

    Mantap nih caranya.. Kalau Saya biasanya jalan-jalan keluar atau blog walking..

  4. Kristanto mengatakan:

    Sing penting,,,,,, ojo lali…
    Kunjungii!!! http://scorpionkris.blogspot.com
    dan cccoommmeennttt

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s